MIDDLEWARE

Pada pembahasan ini menjelasakan tentang MIDDLEWARE. apa sih middleware???? mungkin ada sebagian orang mengenal istilah tersebut. MIDDLEWARE sendiri sudah banyak digunakan untuk sebagian orang untuk aplikasi pada internet. baiklah saya akan menjelaskan sedikit tentang MIDDLEWARE..

Middleware
Middleware adalah sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP [1]. Middlewarebisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi. Biasanya program middleware menyediakan layanan pesan (messaging services ) sehingga aplikasi-aplikasi yang berbeda-beda itu dapat berkomunikasi. Sistem middleware mengikat aplikasi-aplikasi yang terpisah.

Fungsi-fungsi dari MIDDLEWARE :
  • Pemrograman aplikasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi .
  • Pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
  • Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
Ada pun kategori dari MIDDLEWARE itu sendiri adalah sebagai berikut :

OLTP (Online Transaction Processing)
sebuah kelas program yang memfasilitasi dan mengatur aplikasi berorientasi transaksi, biasanya untuk entri data dan pengambilan transaksi di sejumlah industri, termasuk perbankan, perusahaan penerbangan, mailorder, supermarket, dan pabrik. Mungkin yang paling banyak diinstal produk OLTP IBM CICS (Customer Information Control System).

RPC (Remote Procedure Call)
sebuah protokol yang satu program yang dapat digunakan untuk meminta layanan dari sebuah program yang terletak di komputer lain dalam jaringan tanpa harus mengerti detail jaringan. (Suatu prosedur panggilan juga kadang-kadang dikenal sebagai fungsi panggilan atau subroutine panggilan.) RPC menggunakan klien / server model. Program yang meminta klien dan menyediakan layanan-program server. Seperti biasa atau memanggil prosedur lokal, sebuah RPC adalah operasi sinkron memerlukan program yang meminta ditunda sampai hasil prosedur remote dikembalikan. Namun, penggunaan proses ringan atau benang yang berbagi ruang alamat yang sama memungkinkan beberapa RPCs harus dilakukan secara bersamaan.

CORBA (
Common Object Request Broker Architecture)
Sebuah arsitektur dan spesifikasi untuk membuat, mendistribusikan, dan mengelola program didistribusikan obyek dalam jaringan. Hal ini memungkinkan program pada lokasi yang berbeda dan dikembangkan oleh vendor yang berbeda untuk berkomunikasi dalam jaringan melalui "antarmuka broker." CORBA dikembangkan oleh sebuah konsorsium vendor melalui Object Management Group (OMG), yang saat ini mencakup lebih dari 500 perusahaan anggota. Kedua Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) dan X / Open CORBA telah disetujui sebagai standar arsitektur untuk obyek terdistribusi (yang juga dikenal sebagai komponen).

0 comments: